APDESI Wadah Pemersatu Pemerintah Desa

KEBERADAAN Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) khususnya di Kabupaten Kuningan merupakan wadah pemersatu pemerintah desa di 361 desa. Hal itu untuk menyatukan visi dalam mempercepat proses perwujudan sistem kesatuan masyarakat hukum, baik dalam lingkup tataran masyarakat daerah maupun masyarakat desa.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyatakan itu, saat membuka Muscab III APDESI di Aula RM. Lembah Ciremai, Senin (29/10/2018).

Ia bersyukur bisa bersilaturahmi dalam musyawarah bertema Optimalisasi Peran Pemerintah Desa dalam Membangun Daerah dan Bangsa itu.. Ini  sebagai salah satu rangkaian proses pembangunan sistem kesatuan masyarakat hukum melalui upaya pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.

“Kepala desa maupun perangkat desa merupakan refresentasi dari seluruh masyarakat desa, saat ini telah berhasil mewujudkan kesamaan pemikiran melalui assosiasi sebagai salah satu langkah strategis dalam membangun kemitraan dengan pemerintah kabupaten,” paparnya.

Hal itu sambungnya, guna  mewujudkan kemandirian daerah dan desa sejalan dengan prinsip-prinsip dasar penyelenggaraan otonomi daerah dan otonomi desa. 

Bupati menaruh harapan besar, bahwa organisasi ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi seluruh kepala desa dan perangkat desa dan umumnya dapat memberikan konstribusi positif dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan daerah.

“Muscab hari ini dinilai sangat penting, yaitu pemilihan Ketua DPC APDESI. Sehubungan Ketua DPC APDESI periode 2013-2018 yang dijabat oleh sdr. Linawarman, sh yang merupakan Kepala Desa Jalaksana akan segera berkahir. “Terlepas siapapun yang akan terpilih nanti, semoga Ketua APDESI periode 2018-2023 adalah pilihan terbaik,” imbuhnya.  (Yogas/Pubdok)