Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata

PEMERINTAH Kabupaten Kuningan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI akan menggelar Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata Waduk Darma 2019, di Kawasan Obyek Wisata Waduk Darma, Desa/Kecamatan Darma, Minggu-Senin (28-29/4/2019) mendatang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Rachmat Yanuar, M.Si., mengatakan acara itu dalam rangka memperkenalkan kembali potensi wisata khususnya Waduk Darma sekaligus menyambut program revitalisasi Waduk Darma yang rencananya akan dijadikan sebagai kawasan wisata bertaraf internasional.

Dian menjelaskan, hal itu salah satu wujud keseriusan pemerintah daerah dalam mendukung program pemerintah Propinsi Jawa Barat dalam upaya menata kawasan obyek wisata Waduk Darma.

"Pak Gubernur Ridwan Kamil telah mencanangkan kawasan obyek wisata Waduk Darma menjadi destinasi wisata bertaraf internasional, pada peringatan Hari Air Sedunia ke-27 Tingkat Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu," kata Dian Rachmat Yanuar, saat memimpin rapat pemantapan persiapan acara itu, di Aula Rapat Setda Kabupaten Kuningan, Kamis (25/4/2019).

Sementara, Ketua Umum Panitia Penyelenggara Festival Angklung Internasional dan Gowes Wisata Waduk Darma 2019, Drs. Jaka Chaerul, mengatakan Festival Angklung Internasional akan melibatkan grup angklung perwakilan dari sembilan negara. Sedangkan Gowes Wisata Darma akan diikuti ribuan pecinta Gowes di wilayah Kabupaten Kuningan maupun luar daerah.

“Kami mengundang sejumlah pecinta gowes di Kabupaten Kuningan maupun luar daerah untuk meramaikan acara dengan tema Kuningan Menuju Destinasi Wisata Internasional. Artinya kami tidak membatasi peserta hanya warga Kuningan, namun warga luar daerah pun dipersilahkan untuk mendaftar,” kata Jaka Chaerul.

Menurutnya, panitia menyediakan Doorprize Umroh, beberapa sepeda motor, puluhan sepeda MTB, TV, kulkas serta puluhan hadiah lainnya. Kupon gratis akan dibagikan pada hari pelaksanaan di pos yang dilalui oleh peserta gowes sepeda. Sementara, untuk Festival Angklung Internasional akan menampilkan JEI Angklung, Rita Tila , D'Callung’s, Angklung SMP Yos Sudarso Kuningan, Angklung SMAN 3 Kuningan, DJ Angklung, TENGCI Sanggar Seni DNR, Sanggar Pojok Awi Desa Cibuntu, dilanjutkan dengan Festival Angkung Tingkat SD/SMP/SMA Sederajat.

Peserta Gowes Wisata Waduk Darma akan diikuti kurang lebih 5.000 peserta dari 15 perwakilan kabupaten/kota di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI diantaranya Purwokerto, Tegal, Brebes, Cilacap, Tasik, Banjar, Pangandaran, Ciamis, Majalengka, Subang, Karawang, Sumedang, Kab.Kota Cirebon, Indramayu dan DKI Jakarta. (Pubdok)