Gapensi Menggelar Deklarasi Anti Hoax

GABUNGAN Pelaksana Kontruksi Indonesia (Gapensi Kabupaten Kuningan menggelar Deklarasi Anti Hoax, di Aula Sekretariat Gapensi Kabupaten Kuningan, Jalan Raya Kuningan-Cirebon Desa Cilowa, Kecamatan Karamatmulya, Senin (29/10/2012).

Hal itu dilakukan guna mendukung terwujudnya stabilitas kamtibmas terutama menjelang Pemilu Serentak yakni Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan Pemilihan Legislatif yang akan digelar pada 17 April  2018 mendatang.

Puluhan pengurus dan anggota Gapensi Kabupaten  Kuningan yang hadir pada acara itu menyatakan sikap membantu Pemerintah Kabupaten Kuningan,  Polres dan Kodim 0615 Kuningan untuk menciptakan situasi yang damai saat ini maupun pada Pemilu dan Pemilihan Legislatif.

Wakil Ketua 1 BPC Gapensi  Kabupaten Kumingan,  Asep Saefudin,  ST. MT., smenyebutkan situasi yang terjadi sekarang ini apabila dibiarkan akan kurang terkendali akibat banyaknya kabar bohong (hoax) sahingga dikhawatikan menimbulkan ancaman perpecahan di tengah masyarakat.

"Untuk itu kami BPC Gapensi Kabupaten Kuningan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Kuningan,  Polres Kuningan dan Kodim 0615 Kuningan menyatakan sikap akan menolak hoax di Kabupaten Kuningan."ujar Asep.

Dalam kesempatan tersebut hadir Bupati Kuningan H.  Acep Purnama,  SH.  MH,  Wakalolres Kompol Nanang Suhendar dan perwakilan dari Kodim 0615 Kuningan.

Dalam sambutannya Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada Kabupaten Kuningan untuk tidak mudah percaya apabila ada kabar yang tidak bisa dipertanggung jawabkan. 

"Saya mengajak masyarakat Kabupaten Kuningan bersatu mencegah tersebarnya hoax, sehingga kondusifitas masyarakat tetap terjaga,” kata Bupati Acep.

Menurutnya, menjaga  persatuan dan kesatuan  merupakan modal penting dalam pembangunan.  Ia menyampaikan terima kasih kepada Gapensi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Diharapkan akan membawa kebaikan pada masa sekarang dan juga pada saat menjelang pelaksanaan dan pasca pemilihan presiden dan pemilihan calon anggota legislatif tahun 2019 nanti.

“Jangan mudah percaya ketika kita mendengar berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan,  kita harus tabayun terlebih dahulu," imbuhnya.

 

Sementara itu deklarasi berisi 3 point antara lain:

  1. Kami Gabungan Pelaksanaan Konstruksi Nasional Indonesia (GAPENSI) Kab. Kuningan, siap bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, TNI dan POLRI untuk mengawal Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 demi terjaganya situasi kamtibmas yang kondusif, aman dan damai di wilayah Jawa Barat khususnya Kabupaten Kuningan.
  2. Mari saling menghormati dan menghargai Hak dan Kewajiban masing-masing peserta Pemilu 2019, serta menolak adanya Ujaran Kebencian dan Hoax dalam pelaksanaan Pemilu yang dapat memecah belah Bangsa Indonesia.
  3. Kami juga menghimbau kepada awak media agar lebih bijaksana dan berimbang dalam pemberitaan, karena perannya saat ini cukup sentral dalam menciptakan situasi kamtimbas yang aman dan kondusif. (Yogas/Pubdok)