Geliat Olahraga Renang di Kabupaten Kuningan

PENGURUS Cabang Persatuan Renang Seluruh Indonesia Kabupaten Kuningan menyelenggarakan Kejuaraan renang tingkat pelajar yang memperebutkan Piala Bupati Kuningan yang digelar di kolam renang Grage Sangkan Hotel Desa Bandorasawetan, Kecamatan Cilimus. Rabu (11/9/2019).

Kejuaraan itu  diikuti sebayak 162 atlet  yang mempertandingkan dalam beberapa nomor lomba yang terdiri dari, lomba renang gaya kupu-kupu nomor 25 meter, 50 m, dan 100 m. Gaya punggung nomor 25 m, 50 m, dan 100 m. Gaya dada nomor 25 m, 50 m, dan 100 m. Gaya bebas nomor 25 m, 50 m, dan 100 m. Serta, gaya ganti 100 m. Ditambah, sejumah peserta exhebition challenges yang ikut meramaikan dari berbagai sekolah Taman Kanak-Kanak. 

Menurut Ketua Pengcab PRSI Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si menyampaikan rasa syukurnya karena geliat kejuaran renang di Kabupaten Kuningan telah muncul kembali dengan tujuan untuk mencari bakat atlet baru serta membiaskan para atlet untuk berkompetisi.

Menurutnya sekitar 80 persen peserta kejuaraan renang ini merupakan para atlet ranang baru, dengan harapan kedepannya kompetisi renang ini dapat diikuti dengan antusias dan secara rutin kejuraan antar pelajar ini bisa digelar minimal 3 kali dalam setahun.

"Maka dari itu seluruh pengurus PRSI berupaya apabila pembinaan atlet renang di Kabupaten Kuningan berhasil, rencana kedepannya kita akan kompetisikan atlet renang se-Ciayumajakunung. Selain itu PRSI sekarang ingin berkembang maju dengan 5 kekuatan konsep pentahelic diantaranya kekuatan organisasi, pelatih, atlet, orang tua, dan pembina serta dukungan sponsor," ucap Wahyu.

Sementara itu Sekretaris PRSI Provinsi Jawa Barat Vera Ariesa,  yang hadir pada kesempatan tersebut besar harapan dengan dilaksanakannya kejuaraan renang antar pelajar di Kabupaten Kuningan ini akan memunculkan generasi-generasi penerus atlet nasional di bidang olahraga renang.

"Kepada seluruh atlet bahwa untuk meraih prestasi itu bukan hal yang mudah, maka terus berusaha, berlatih dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik, kami dari pengcab PRSI Jawa Barat akan selalu mensuport kegiatan sebagai wahana pembibitan atlet dan saya harap atlet nasional akan muncul dari Kuningan,"ujarnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si mengapresiasi baik terhadap penyelenggaraan kejuaraan renang ini, bahwa di Kabupaten Kuningan banyak potensi atlet yang potensial untuk kita jaga melalui pembinaan dalam mengembangkan potensi atlet khususnya bidang olahraga renang.

"Dengan pelaksanaan kejuaraan renang ini untuk memberikan pengalaman lomba kepada atlet renang guna meningkatkan preatasi sehingga dapat mengharumkan nama daerah Kabupaten Kuningan dalam skala yang lebih tinggi lagi serta sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi sesama atlet renang," ujar Wabup.

Sambung Wabup berharap melalui kegiatan ini juga akan menjadi jalan untuk meningkatkan prestasi bagi para atlet, dan cabang olahraga lain dapat mengikuti jejak apa yang dilakukan oleh cabang olahraga renang. Selamat bertanding semoga di tahun berikutanya kegiatan ini dapat berjalan lebih hebat dan lebih meriah  sebagai menjadi parometer keberhasilan olahraga di Kabupaten Kuningan dan Jawa barat.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Kepala Bappeda Kab appeda Kabupaten Kuningan Ir. Usep Sumirat, Ketua Koni Kabupaten Kuningan Drs. H. Enay Sunaryo, M.M, Kabid Olahraga Disporapar H. Nurjati (Dimas).