Nilai Kelulusan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa di Kuningan Menggembirakan

MULAI 29 Oktober  sampai dengan 2 Nopember 2018, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa   Setda Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Badan Pendidikan Latihan (Diklat) Propinsi Jawa Barat dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP)  melaksanakan Pelatihan Sertifikasi Pengadaan Barang dan Jasa, di Aula Wisma Permata Kuningan.
 
Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kuningan itu dibagi dalam dua kelas. Sesuai jadwal pada Sabtu 3 Oktober 2018,   ASN yang telah mengikuti  pelatihan kemudian mengikuti  ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Baran/Jasa, di Laboratorium Komputer SMKN 2 Kuningan.
 
Ujian tersebut dilaksanakan pada pukul 8.30  WIB sampai dengan 11.00 WIB, melibatkan pengawas  dari LKPP RI dan  Badan Diklat Provinsi Jawa Barat. Ujian seleksi menggunakan  metode berbasis komputer  sesuai standar yang digunakan oleh LKPP dalam setiap mengadakan ujian.
 
Selain 60 peserta yang mengikuti pelatihan kali, ada 10 peserta ujian seleksi yang tidak mengikuti pelatihan karena sebelumnya mereka telah mengikuti  pelatihan namun belum lulus. 
Dengan demikian  peserta yang mengikuti ujian seleksi beerjumlah 70 orang. Dari jumlah tersebut 17 peserta dinyatakan lulus  dalam seleksi tersebut.
 
Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Kuningan,  U. Kusmana M.Si yang juga  Ketua Panitia Diklat menyatakan puas  atas hasil yang telah dicapai oleh peserta seleksi. Artinya  tingkat kelulusan menyncapai  24 %.
“Berdasarkan  informasi dari Badan Diklat Provinsi Jawa Barat, tingkat  prosentase kelulusan sebesar itu merupakan tertinggi dibanding daerah lain yang telah melaksanakan ujian yang sama di Jawa Barat,” kata U. Kusmana.
 
 Hal itu  menunjukan bahwa Kabupaten Kuningan memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni dan mampu bersaing dengan daerah lainnya di Jawa Barat.
 
Keberhasilan penyelenggaraan Diklat dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah tidak lepas hasil  kerjasama yang baik antara  Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam hal ini Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten. Kuningan, BKPSDM  Kabupaten Kuningan, Badan Diklat Provinsi Jawa Barat dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa  Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia.
 
“ Ini tidak terlepas dukungan dari Bupati Kuningan H. Acep Purnama S.H., M.H., beliau  berkomitmen dalam peningkatan kemampuan atau kompetensi SDM ASN di lingkungan Pemerintah  Kabupaten Kuningan, “jelasnya.
 Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan  DR. Wahyu Hidayah. M.Si., salah satu peserta yang lulus ujian, bersyukur bisa  lulus dalam mengikuti ujian seleksi tersebut.
 
”Selama lima hari  saya mengikuti diklat,   saya bersyukur  pada ujian  hari ini bisa lulus dengan nilai 206.  LKPP memiliki standar yang tinggi baik dari segi regulasi, kualitas maupun dari ambang batas nilai kelulusan sehingga kelulusan ini sangat saya syukuri,” ujar Wahyu Hidayah.
 
Memang, angka di atas 200 itu boleh dikatakan nilai yang cukup tinggi. Selain Wahyu Hidayah, beberapa  peserta yang meraih  nilai di atas 200 itu yakni  Dr. Lidya. M.H Rumah Sakit Umum Daerah 45 dengan nilai 222, Moh. Mamad Abdushomad Bapenda nilai  219, Guruh Irawan Zulkarnaen S.STP.,M.Si dari Bagian Umun Setda dengan nilai 207, Yeyet Priatna, SP Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan serta Alvin Fitranda ST MSi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kab.  Kuningan. (Pubdok)