Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sekda Kuningan

BUPATI Kuningan H. Acep Purnama melantik Sekretaris Daerah Kabupaten DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., di Pendopo Kabupaten Kuningan, Rabu (1/11/2018). Sebelumnya, Dian Rachmat Yanuar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan.

Pengangkatan  Sekda Kabupaten  itu menyusul  dengan berakhirnya masa jabatan H. Yosep Setiawan yang memasuki batas usia pensiun terhitung mulai tanggal 1 Maret 2018. Untuk mengisi kekosongan,  Bupati Acep menunjuk Penjabat Sementara Sekda Kabupaten Kuningan yaitu H. Dadang Supardan.

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil bahwa pengisian jabatan pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan PNS sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan atau lebih dikenal dengan seleksi terbuka atau open bidding.

Berdasarkan ketentuan dimaksud, Pemerintah Kabupaten Kuningan telah melaksanakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten kuningan selama kurang lebih tiga bulan.

“Alhamdulillah seluruh tahapan berjalan lancar sampai dengan tahapan terakhir panitia seleksi mengumumkan tiga peserta dengan nilai terbaik dan selanjutnya telah ditetapkan satu)orang untuk diangkat dalam jabatan sekretaris daerah Kabupaten Kuningan, yaitu saudara H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama.

Pengangkatan Sekda itu berdasarkan keputusan Bupati Kuningan Nomor : 821.27/kpts.579 –BKPSDM /2018, tanggal 31 Oktober 2018 tentang pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan.

Sshubungan dengan Kabupaten Kuningan pada tahun ini telah melaksanakan pemilihan kepala daerah, sehingga sesuai dengan ketentuan yang berlaku bahwa untuk melakukan penggantian pejabat harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri RI.

Pengangkatan Sekda Kabupaten Kuningan  telah melalui proses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah mendapatkan beberapa rekomendasi dari instansi yang berwenang antara lain Surat Menteri Dalam Negeri Nomor : 821/9135/sj, tanggal 29 Oktober 2018 hal persetujuan pengangkatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : b-2295/kasn/10/2018, tanggal 16 Oktober 2018 hal rekomendasi hasil seleksi terbuka jpt pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Surat Gubernur jawa Barat Nomor : 133/4495/bkd, tanggal 9 Oktober 2018 hal rekomendasi hasil seleksi terbuka Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan. serta surat Gubernur Jawa Barat Nomor : 821/1367/bangrier, tanggal 30 oktober 2018 hal persetuuan pengangkatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan. (Pubdok)