Peran Perempuan Dalam Pembangunan

PERJUANGAN kaum perempuan kini melalui beragam gerakan organisasi,telah merambah ke berbagai bidang. ,Bukan hanya pendidikan, tapi juga kesehatan, ekonomi, hukum bahkan politik. Hal itu menjadi kemajuan dalam sistem pembangunan nasional yaitu semakin meningkatnya pemberdyaan sumber daya manusia perempuan untuk turut serta dalam pembangunan.

Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada, menyatakan hal itu pada acara pembinaan dan peningkatan kapasitas organisasi wanita yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, di Aula Rumah Makan Lembah Ciremai, Rabu (6/12/2017).

"Pemberdyaan perempuan telah memberi ruang dan waktu yang luas bagi organisasi wanita untuk mengukuhkan dirinya menjadi mitra kerja pemerintah,” kata Wakil Bupati Dede Sembada.

Ia menjelaskan, lembaga, institusi atau organisasi adalah sebuah sistem. prinsisp utama dari suatu sistem adalah memiliki komponen dan unsur dan terdapat hubungan tersebut yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.

Untuk itu diperlukan sebuah penguatan pengelolaan organisasi yang mencangkup perencanaan dan penggaran serta teknis pelaksanaan program kegiatan agar lebih efektif dan berdaya guna dalam memberikan pengaruhnya kepada masyarakat.

"Melalui pembinaan ini diharapkan mampu menguatkan manajemen organisasi sebagai langkah strategis untuk peningkatan peran perempuan dalam pembangunan,"tegasnya. (Suhendra/Pubdok).