Puluhan Kepala Desa dan BPD Mendapat Pembekalan

SEBANYAK 91 kepala desa pemilihan kepala desa serta telah dilantik, mendapat pembekalan dari Bupati Kuningan H. Acep Purnama dan pejabat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kuningan, bertempat di Hotel Ayong Linggarjati, Selasa (28/11/2017).

Hal itu dilakukan agar penyelenggaraan pemerintahan desa berjalan baik, sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Selain kepala desa, peserta yang mengikuti pembekalan itu ketua BPD dan unsur pemerintahan kecamatan daerah wilayah 91 kepala desa yang baru dilantik.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH, MH saat menyampaikan materi dengan tema “Kabijakan Pembangunan Daerah Kabupaten Kuningan” menyatakan kepala desa dan BPD harus seiring sejalan, transparan dan akuntabel.

Dengan begitu, penyelenggaraan pemerintahan desa akan menjadi harmonis serta implementasi dari Peraturan Desa tentang APBDes dapat dilaksanakan dengan baik. Selain itu pelaksanaan musrenbang wajib dilaksanakan sehingga aspirasi masyarakat dapat diakomodir sesuai skala prioritas pembangunan desa. Kabid Pemerintahan Desa DPMD kabupaten Kuningan, Akhmad Faruk, S.Sos, M.Si., kepala desa baru dilantik pada tanggal 3 Okrober 2017 itu perlu dibekali dengan peraturan mengenai Undang-Undang Desa dan peraturan pelaksanaan pemerintahan desa.

“Sebagai pemegang kebijakan di desa harus mengetahui dan mengerti apa saja yang menjadi acuan dan pedoman dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Begitu pula BPD, diharapkan dapat menjadi mitra kerja untuk merumuskan kebijakan-kebijakan bersama di tingkat desa,” kata Akhmad Faruk dalam laporannya. Kepala Desa dan BPD diharapkan mampu melaksanakan fungsinya masing-masing, seperti merumuskan anggaran desa yang dirumuskan bersama dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes)..

Menurutnya, Pemerintahan desa saat ini punya anggaran besar, perlu sumber daya manusia yang terampil dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjadi kewenangan desa. Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang diterima desa harus dsesuai ketentuan, disusun dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik sehingga dalam laporan sesuai dengan perencanaan. (Asep Tisna/Pubdok)*