Wakil Bupati Hadiri Rakor Pemberangkatan Calon Jemaah Haji

WAKIL Bupati Kuningan M. Ridho Suganda. S.H., M.Si., menghadiri Rapat Koordinasi Persiapan Pemberangkatan Jemaah Haji Provinsi Jawa Barat 1440 H/2019 M, di Ruang Rapat Malabar Gedung Sate Bandung. Senin (13/3/2019).

Saat itu ia didampingi beserta Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Toni Kusumanto, Ap, M.Si., mengikuti rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Iwa Karniwa S.E.Ak., M.M.,CA.

Rapat itu dihadiri pula oleh Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Unsur Jajaran BIJB, dan perwakilan Kabupaten Kota Majalengka, Indramayu, Sumedang, Subang, dan Cirebon. 

Wakil Bupati M. Ridho Suganda mengharapkan, dengan digunakannya Bandara BIJB Kertajati sebagai tempat pemberangkatan jemaah haji dan embarkasi haji untuk tahun ini semoga bisa menjadi solusi pemerintah dalam mengurangi penumpukan jemaah haji yang sebelumnya diberangkatkan di Bandara Soekarno Hatta.

“Mudah-mudahan dengan segala kesiapan akan memberikan kenyamanan khususnya bagi para calon jemaah haji yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini,” ujar Ridho Suganda.

Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Barat Iwa Karniwa, mengatakan hal yang harus dipersiapkan diantaranya Asrama yang mampu menampung 400 orang jemaah dan harus steril serta dilengkapi Masjid dan Aula.

“Alternatif lainnya yaitu menggunakan  Hotel yang dekat Islamic Center, dengan jarak tempuh satu jam,” kata Iwa Karniwa.

Iwa menerangkan, rencana pada 6  Juli mendatang jemaah haji harus sudah bisa diberangkatkan. Untuk fasilitas di BIJB sendiri sudah disiapkan diantaranya Mushola ada 6 yang masing-masing bisa menampung 300 jemaah, kesiapan Runaway, Cek In Desk 12 oprasional, dan keseluruhan seluruh fasilitas sudah dipersiapkan di BIJB.

Sebelumnya pada Rapat Koordinasi Kesiapan Bandara BIJB Kertajati untuk Pelaksanaan Haji dan Umrah di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman pada pekan lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memutuskan menggunakan Bandara Kertajati sebagai embarkasi pemberangkatan jemaah haji dan sebagai embarkasi pemberangkatan jemaah haji tahun ini.

Sementara itu Kemenag Provinsi Jawa Barat menyatakan bahwa jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan dari BIJB Kertajati sekitar 6.750 orang dan baru bisa untuk pemberangkatan dari 5 Kabupaten dan Kota  diantaranya Cirebon, Kuningan, Majalengka, dan Indramayu. (Pubdok)