Pesan kesalahan

  • Warning: file_get_contents(): http:// wrapper is disabled in the server configuration by allow_url_fopen=0 dalam eval() (baris 3 dari /home/kuningan/subdomain/setda-bag-humas/modules/php/php.module(80) : eval()'d code).
  • Warning: file_get_contents(http://api.openweathermap.org/data/2.5/weather?id=1639094&APPID=53c6c597d41c356beb7be857e1902eb4): failed to open stream: no suitable wrapper could be found dalam eval() (baris 3 dari /home/kuningan/subdomain/setda-bag-humas/modules/php/php.module(80) : eval()'d code).

Bupati Serahkan Sertifikat Tanah PTSL

BUPATI Kuningan H Acep Purnama SH., MH., menyerahkan  sertifikat tanah secara simbolis untuk masyaraka di dua Desa yaitu Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana dan Desa Garatengah Kecamatan Japara,  Sabtu (19/01/2019). Sertifikat itu yang diserhkan itu yaitu sertifikat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2018.

Penyerahan sertifikat itu disaksikan perwakilan dari Badan Pertanahan Nasional, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Drs Dudi Pahrudin MSi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Maman Hermansyah, masing-masing Kepala Desa Sadamantra dan Kepala Desa Garatengah, serta unsur Muspika Kecamatan.

“Ini  merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat. Selain itu nantinya masyarakat yang telah mendapatkan sertifikat dapat menjadikan  sertifikat tesebut sebagai modal pendampingan usaha yang berdaya dan berhasil guna bagi peningkatan kesejahteraan hidupnya,” kata Bupati Acep Purnama.

Dalam program tersebut jumlah yang mendapatkan sertifikat di Desa Sadamantra sebanyak 680 bidang tanah yang berhasil di sertifikatkan. sedangakan untuk di Desa Garatengah ada sebanyak 1256 bidang tanah yang disertifikatkan.

Menurut Bupati Acep,  PTSL dijamin oleh Undang-undang Nomor 5 tahun 1960 tentang aturan dasar pokok-pokok agraria. Pemerintah berkewajiban menyelenggarakan pendaftaran tanah diseluruh wilayah di Republik Indonesia, maka dari itu ditempuh melalui cara program PTSL.

Ia menambahkan,  pemerintah ingin mewariskan sesuatu nilai yang baik. Selain itu hal yang menarik dari program PTSL ini adalah masyarakat selaku pemohon sertifikat diberikan banyak kemudahan dan kejalasan dalam tahapan kegiatannya.

“Hal  ini menandakan bahwa pelayanan bidang pertanahan telah menuju ke arah yang positif dan makin meningkat, kondisi ini kiranya perlu dijadikan salah satu bentuk dorongan pelayanan melalui inovasi  dan kemudahan dalam bidang pertanahan yang efektif dan efisien,” imbuhnya.

Bupati Acep berharap  program PTSL ini terus berjalan dengan lancar dan  ada program-program baik lainnya dari pemerintah yang berkaitan dengan peningkatan sumber daya manusia maupun pembangunan. (Dimas/Pubdok).