Kuningan Dukung Program Indonesia Sehat

PEMERINTAH Kabupaten Kuningan terus berupaya untuk mendorong tersedianya sarana dan prasarana kesehatan yang memadai khususnya di perdesaan. Hal itu umtuk meningkatkan derajat kesehatan sekaligus mendukung pemerintah RI dalam rangka mewujudkan Program Indonesia Sehat.

Sebagaimana dikatakan Bupati Acep pada acara Seminar Kesehatan dengan tema Membumikan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Daerah, bertempat di Hotel Horison Tirta Sanita, Sabtu (25/11/2017), masih ada beberapa desa di Kabupaten Kuningan yang membutuhkan perhatian khusus terkait sarana dan serta tenaga kesehatan terutama di daerah pinggiran.

“Masih ada beberapa desa yang membutuhkan perhatian khusus terkatiaan penyediaan sarana kesehatan yang memadai yang harus ditunjang dengan tenaga kesehatan,” kata Bupati Acep Purnama.

Menurutnya, umumnya Pembangunan Kesehatan di Kabupaten Kuningan sudah baik dengan tercapainya IPM mencapai angka 74,78. Namun demikian, sambungnya, perlu upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyrakat sehingga pembangunan kesehatan di kabupaten Kuningan lebih baik. “Yang kurang baik mari kita perbaiki, yang baik mari kita tingkatkan agar lebih baik,” imbuhnya.

Bupati Acep menerangkan, selain sarana dan prasarana, tenaga kesehatan di daerah-daerah tertentu harus harus didukung agar mereka betah tinggal di desa sehingga masyarakat bisa terlayani dengan baik. Meski sarana dan prasaarana memadai, jika tidak didukung dengan tenaga kesehatan seperti perawat, bidan atau dokter, tentu tidak akan berdampak terhadap pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Bupati mengapresasi atas terselenggaranya Seminar Kesehatan Membumikan Indonesia Sehat. yang digelar oleh Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan (STIKKU).

Melalui seminar itu diaharapkan menghasilkan gagasan-gasan untuk mendukung Program Indonesia Sehat serta menjadi inspirasi khususnya dalam memajukan pembangunan kesehatan di Kabupaten Kuningan.

Seminar Nasional “Membumikan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Di Daerah, menghadirkan nara sumber diantaranya dr. Eni Gustina, M.Ph, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, Dr. Ede Suryadermawan, MDM, Dosen FKM Universitas Indonesia dan Dr. Esty Febriani, M.Kes. Dosen Prodi Kesmas STIKKU. (IIP/Pubdok)*