Tempat Pembuangan Limbah Ternak Sapi Akan Dibangun di Cipari

PEMERINTAH Kabupaten Kuningan, mulai Rabu (7/11/2018) akan membangun tempat pembuangan limbah kotoran sapi sementara di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur. Sarana jalan menuju lokasi tempat pembuangan limbah pun akan dibenahi untuk mempermudah ketika akan membuang limbah kotoran sapi.

Hal itu terungkap dalam pertemuan Bupati Kuningan H. Acep Purnama dengan sejumlah peternak sapi perah di Kelurahan Cipari, Selasa (6/1/2018).

Dalam pertemuan yang dihadiri pula Camat Cigugur, Kepala Dinas Pertanian Kab. Kuningan, Kapolsek Cigugur, Babinsa, Kepala Desa Cigugur, Pengurus Koperasi Sapi Perah yang menjadi mitra kerja peternak sapi perah perwakilan tokoh masyarakat membahas seputar proses pembuangan limbah kotoran sapi sebelum dibuang ke tempat pembuangan limbah sementara.

"Perlu ada koordinasi dengan para peternak untuk membuang kotoran yang sudah dimasukan ke dalam karung untuk dibuang ke tempat pembuangan yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah," kata Bupati Acep Purnama.

Bupati mengharapkan, kotoran yang sudah tertampung bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna baik untuk pupuk, bio gas dan lainnya.

Setelah pembahasan selesai dilaksanakan Bupati Kuningan pun meninjau langsung perternakan sapi perah yang berada di Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur.

Sebelumnya, limbah ternak sapi khususnya di Kelurahan Cipari menjadi persoalan serius bagi warga sekitar. Banyak keluhan dari masyarakat yang terkena dampak dari limbah sapi perah tersebut.

Dengan dibangunnya tempat pembuangan sementara, diharapkan masalah limbah ternak sapi di Cipari menjadi solusi.
(Yogas/Pubdok)